4 Audit Terbesar Di Dunia “ Big four “ Sepanjang Sejarah

Kenalkah kalian dengan The Big Four Auditors ?..

Siapakah The Big Four Auditors itu ?..

Apakah ada pengaruh dari berkembangnya The Big Four Auditors ini ?… maka, kalian bisa cari tahu di bawah ini.

Banyak sekali memang orang-orang tidak mengenal apa itu Auditors beserta The Big Four Auditors ini. Dimana 4 Auditor Terbesar ini menjadi salah satu kelompok dari 4 firma jasa dengan skala Profesional serta masuk kedalam Akuntansi Internasional terbesar di dunia yang memang menangani Mayoritas dari pekerjaan audit bagi perusahaan publik yang ada ( umum ) maupun terhadap perusahaan yang tertutup sekalipun.

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai 4 Auditor terbesar yang ada di dunia ini.

Awal Muncul Dari Big 8

Terhitung tahun 1989 .. terdapat kantor BIG 8 terlebih dahulu yang memang benar-benar mendominasi dalam skala Internasional. Beberapa kantor daintaranya yakni Arthur Anderson, Arthur Young, Lalu Cooper & Lybrand, Ernst & Ernst, Haskins & Sells, KPMG, Price Waterhouse, serta Touche Ross. Terciptanya the BIG 8 ini berkat adanya penggabungan itu.

Lalu kemudian, muncul menjadi Big 6 yang dimana di dalamnya terdapat Ernest & Whinney yang bergabung langsung dengan Arthur Young yang emmbentuk Ernst & Young pada bulan Juni.

Setelahnya menjadi The Big 5, pada bulan Juli di tahun 1998 saat itu Price Waterhouse bergabung langsung dengan Coopers dan juga Lybrand membentuk Pricewaterhouse Coopers.

2002, Kemunculan The Big Four

Di tahun ini telah terjadi dugaan terhadap Kantor Akuntan yakni Arthur Anderson dalam dugaan melawan Hukum di karenakan menghancurkan dokumen-dokumen yang memiliki keterkaitan terhadap pengauditan Enron. Selain itu, juga menutupi dengan adanya kerugian mencapai Jutaan dolar yang masik kedalam Skandal Enron 2001 sebelumnya. Hasil keputusan dari Hukum emmbuat kebangkrutan dalam skala besar bagi kantor Akuntan Arthur Anderson. Kantor-kantor yang di abwah bendera Anthon Andersen ini akhirnya terpaksa untuk dijual. Sampai pada akhirnya di Indonesia sendiri yang sebelumnya menjadi partner dari Arthur Andersen ini bergabung langsung dengan Erns & Young.

The Big Four Yang Tersisa Sampai Saat Ini

#1 Pricewaterhouse Coopers

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada the big 5, Price Waterhouse bekerja sama langsung dengan Coopers. Dimana saat ini menjadi kantor professional terbesar yang berkembang baik di dunia. Kantornya sendiri sudah terbentuk sejak tahun 1998 sejak adanya penggabungan usaha diantara Price Waterhouse itu sendiri dengan si Coopers.

PWC ini sendiri merupakan salah satu yang terbesar dari The Big Four Auditors. Yang lainnya termasuk kedalam sautu penggabungan dari Pricewaterhouse Coopers saja yang ada di seluruh dunia hingga mencapai kurang lebih 20,3 miliar. PWC sendiri telah memberikan bidang jasa di banyak negara yakni diantaranya ;

  • Audit beserta Atestasinya.
  • Masuk kedalam Perpajakan atau juga perencanaan serta kepatuhan terhadap adanya peraturan perpajakan itu sendiri.
  • Masuk kedalam Konsultasi, peamntapan adanya kinerja, transaksi dan juga masuk kedalam penggabungan usaha serta akuisis. Dimana manajemen krisi di dalam berbagai area yang memang spesialisasinya itu terhadap konsultasi, akuntansi dan klien audit lainnya.

Klien besar yang dimiliki oleh PWC ialah salah satunya American International Group, lalu ada Freddie Marc, Bank of America, Tesco, unilever dan masih ada beberapa lagi yang lainnya.

#2 DTT ( Deloitte Touche Tohmatsu )

Ini menjadi no 2 dari adanya The Big Four dalam bidang jasa yang Profesional setelah adanya PWC yang menjadi sebuah kelompok kamtor akuntan yang memang sudah skala Internasional. Tergabung di tahun 2004 dengan memiliki 16,4 miliar dolar Amerika yang memasukan Kantor Akuntan ini terbesar no 2 dalam the Big Four Auditors di dalam penghasilannya tersebut. sebagai salah satu tambahan saja. Bahwasannya Deloitte dalah salah satu dari kantor penasehat bisnis yang memang sudah sangat terbesar di dunia yang banyak sekali menawarkan jasa manajemen yang benar-benar strategik dan juga pengoperasionalan pada perusahaan-perusahaan di dalam Fortune 500.

Bentuk dari Kantor Akuntan ini ialah berdasarkan pada hukum Swiss Verrin, yang menjadi suatu organisasi keanggotakan berdasarkan dari UU Sipil Swiss dimana setiap anggotanya ini merupakan badan hukum tersendiri serta independen ( sendiri ). Mengenai kantor pusat nya, terletak persis di Manhattan, New Yor, Amerika Serikat.

Mengenai jasa yang ditawarkan ialah ; jasa Audit, lalu ada perpajakan, lanjut lagi mengenai konsultasi, dan juga penasehat keuangan kurang lebihnya kepada separuh dari jumlah perusahaan terbesar di dunia.

#3 Kantor Ernest And Young

Kantor ini amsuk kedalam perusahaan ajsa Profesional yang menjadi nomor 3 dari The Big Four Auditors. Dimana perusahaan global ini terdiri dari sejumlah perusahaan anggota EY Global yang bermarkaskan langsung di London, Amerika Serikat, serta di Indonesia juga ada tepat di Kota Jakarta.

EY ini sendiri sudah berafiliasi langsung dengan Kanton Akuntan Publik miliki Purwantono, PSS. Serta Klien utama dari EY ( BNI, BRI, PT.Krakatau Steel & Group dll ).

Negara yang dicangkup dalam pengelolaan dari EY ini terdiri dari 5 wilayah engara yakni :

  • Negara EMEIA ( Eropa, Timur Tengah, india, dan Afrika ).
  • Negara Amerika.
  • Negara Timur Jauh.
  • Negara Oseania.
  • Serta negara Jepang.

Selain itu, EY sendiri memperjelas lini jasa utamanya yakni :

  • Menegnai asuransi audit keuangan.
  • Tax, yang didalamnya diisi dengan Human Capital, Business Tax Compliance dll.
  • Adanya Transaction yang langsung meliputi adanya due Diligience yang komersial, keuangan, real esatt, serta mengenai masalah pajak pun masih masuk dalam lini utama dari EY ini.
  • Terdapat Advisory yang memang benar meliputi Technologi serta security risk services (TSRS ) dll.

Jadi EY ini menjadi auditor dari banyaknya perusahaan utama di Fortune 1000 yakni Amazon dot com, 3M, McDonalds, Google dll.

#4 Kantor KPMG

Ini menjadi salah satu perusahaan jasa Profesional terbesar yang ada di dunia. Dan KPMG sendiri kruang lebihnya telah memperkerjakan 104.000 orang didalam Partnership globalnya yang telah menyebar kurang lebih di 144 negara. Nah, pendapatan Komposit dari anggota KPMG itu sendiri di tahun 2005 mencapai us$ 15,7 Miliar adanya.

Selain itu, KPMG juga memiliki 3 jalur layanan seperti : Perpajakan, Pengauditan serta Penasehat. Nah, setiap perusahaan nasional KPMG ini menjadi sebuah badan legal Independen dan merupakan menjadi anggota dari KPMG Internasional yang di aman perusahaan Swiss Varein ini bertempat langsung di Belanda.

Kepemimpinana dari KPMG ini sendiri langsung dipegang oleh Michael P Wareing. Llu terbagi lagi menjadi ebebrapa ketua wilayah-wilayah yang ada di dalam KPMG ini sendiri seperti Asia Pasifik, Amerika, Eropa, timur Tengah, serta Afrika.